Anand Krishna

Penjelasan Anand Krishna Kenapa Manusia Harus Lebih Pintar Dari Smart-Phone dan Gadget

 

Kemajuan teknologi bergerak seperti tanpa adanya rem, teknologi melaju dan terus melaju. Salah satu bukti dari teknologi yang terus melaju adanya terus terciptanya gadget canggih dari waktu ke waktunya. Smart-phone menjamur dipasaran dan dapat dibeli dengan harga yang relatif terjangkau.

Kemajuan teknologi tersebut tentu saja memiliki dampak positif dan juga sekaligus dampak negatif. Anand Krishna, toko spiritual humanis yang juga sekaligus penulis ratusan buku meditasi, buku yoga, buku spiritual dan buku pemebedayaan diri lainnya itu memberikan pandangannya terkait dengan kemajuan teknologi terkhusus dalam penggunaan smart-phone.

Di dalam video yang berjudul “Menjadi Lebih Smart dari Smart-Phone dan Gadget” Anand Krishna memulai penjelasannya melalui media online, mari sama-sama kita simak penjelasan beliau.

 


Online itu di satu pihak bagus karena orang-orang yang tidak punya perusahaan, tidak punya toko bisa menjual barang secara online. Itu sisi baiknya.

Tetapi berarti orang yang punya sedikit otak, dia tidak perlu modal. Contohnya adalah Ali Baba yang begitu besar saat ini.

Computerisasi terjadi di mana-mana. Ada artikel yang mengatakan bahwa pada tahun 2020, Tesla akan menjadi sangat populer. Tesla sudah merancang kendaraannya yang otomatis sehingga bila kita butuh kendaraan untuk bepergian, kita tinggal kontak taksi dari Tesla dengan sistemnya akan datang sendiri ke tempat kita tanpa driver.  Setelah mengantar kita ke tujuan, mobil tersebut akan kembali.

Dan popularitas tesla dalam waktu 10 tahun ke depan membuat jalan-jalan kita akan menjadi makin luas sehingga hal ini membuat Tesla menyatakan bahwa hanya orang gila saja yang akan memiliki kendaraan.

Tidak akan terjadi kemacetan dan hal ini akan mengubah seluruh tatanan kita.

Ada sisi positifnya, namun sisi negatifnya adalah sekarang kita ini kurang marah dan ini sangat negatif karena orang yang tidak bisa marah, tidak bisa maju. Harus dibedakan antara marah dengan marah-marah.

 

Menyeimbangkan Diri Dalam Era Teknologi Canggih Dengan Meditasi

Sebelum kita lanjut ke dalam penjelasan Anand Krishna terkait dengan teknologi canggih, dimana seperti penjelasan beliau bahwa selalu ada dampak negatifnya. Maka untuk meminimalisir dampak negatif dan sekaligus menyeimbangkan diri di era teknologi seperti sekarang ini, manusia modern membutuhkan meditasi.

Latihan meditasi, tentu saja latihan meditasi yang benar dan tepat. Akan mampu menyeimbangan antara body, mind and soul manusia. Selain itu meditasi juga memberikan dampak kesehatan bagi tubuh, dan meditasi mampu menumbuhkan rasa bahagia yang bisa menjadi bekal dalam berkarya di muka bumi ini.

Bagi mereka yang ingin mempelajari meditasi, dapat membaca buku panduan meditasi bagi pemula. Di mana Anand Krishna merumusikan secara sistematis latihan-latihan meditasi yang cocok untuk kebutuhan orang modern, silahkan membacanya dalam buku “Ananda’s Neo Self Empowerment – Seni Memberdaya Diri bagi Orang Modern

Selain berisikan latihan meditasi dan juga penjelasan meditasi yang mendalam, buku tersebut juga berisikan kisah pengalaman Anand Krishna sembuh dari penyakit kanker darah (leukimia) dengan praktek meditasi dan yoga.

 

 

 

Kita kembali lagi ke dalam penjelasan Anand Krishna terkait dengan kemajuan teknologi dan dampak negatifnya bagi kehidupan manusia modern . . .

 

Marah adalah energi, tapi kalau marah-marah justru memboroskan energi. Di media sosial kita sedang marah-marah. Bila kitapunya masalah dan ingin kirim surat pembaca ke media, belum tentu surat yang kita kirim tersebut dimuat dalam media tersebut karena sekian banyak surat.

Sehingga amarah itu terpendam. Bisa ada 2 kemungkinan; kemungkinan pertama, kita menjadi marah-marah ke keluarga atau  lainnya dan kemungkinan kedua kita menjadikan amarah itu menjadi energi untuk membawa perubahan.

Banyak orang-orang yang sukses yang punya amarah yang luar biasa terhadap suatu sistem kemudian melakukan inovasi, seperti yang terjadi pada Tesla.

Hal itu juga terjadi pada Gandhi yang tidak suka pada suatu keadaan kemudian ia menggunakan senjata non-violence untuk melawan penjajah. Andaikan saat itu sudah ada media sosial, maka tidak akan lahir seorang Mahatma Gandhi.

 

Jadilah Perubahan!

Berbicara tentang perubahan dan semangat perubahan, dimana Anand Krishna memberikan contoh Mahatma Gandhi. Ada sebuah buku yang sangat pas dengan apa yang Anand Krishna sampaikan, dimana Anda bisa mengupas lebih mendalam lagi pemikiran beliau terkait dengan perubahan tersebut.

Silahkan membaca dalam buku “Be The Change!: Menghidupi Kebijaksanaan Mahatma Gandhi

 

 

 

Kita kembali ke dalam penjelasan Anand Krishna terkait dengan amarah dan bagaimana menggunakan amarah tersebut untuk melakukan perubahan  . . . .

 

Oleh karenanya jangan takut terhadap amarah/anger. Jangan menekan amarah namun jangan juga jadi marah-marah. Gunakan energi amarah itu untuk sesuatu yang positif.

Jangan sampai media sosial mengambil seluruh hidup kita. Jangan sampai gadget mengambil alih atau memperbudak kita.  Manfaatkan media sosial, gadget, teknologi karena kita tidak bisa menutup mata dari kemajuan yang ada.

Tapi kita harus jujur pada diri kita sendiri ketika kita ingin membeli gadget baru, apa sih yang kita butuhkan? Apakah kita perlu untuk mengganti handphone yang lama? Bila memang perlu silakan.

Di rumah, kembali gunakanlah desktop (pc) karena laptop dibuat hanya untuk penggunaan sementara bukan untuk waktu yang lama. Banyak orang yang mengalami syaraf terjepit itu dikarenakan cara duduk kita tidak sesuai ketika menggunakan laptop.

Jadi, kita harus menjadi lebih smart dibandingkan smartphone atau smart gadget kita. Kita harus bisa memilah apa yang kita butuhkan apa yang tidak. Kalau kita bisa berlaku seperti itu, kita tidak akan menjadi budak mereka dan kita menggunakan mereka dengan baik.

Jadilah pengguna yang smart (smart consumer) untuk memilah sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai keinginan atau nafsu saja.

 

Bagaimana?

Sungguh bermakna penjelasan Anand Krishna tersebut, semoga bisa kita ambil mutiara hikmahnya dan menjadikannya sebagai penerang bagi kita untuk mengaruhi kehidupan di dunia modern ini. Dimana latihan meditasi menjadi suatu keharusan jika tidak ingin kemanusiaan kita tergerus oleh kemajuan jaman . . . .

Mari sama-sama kita dengarkan wejangan beliau dari video spiritual di bawah ini . . . .

 

Dalam Buku Yoga Sutra Patanjali Anand Krishna Ungkap Rahasia Yoga Secara Holistik
Anand Krishna Jelaskan Tentang DMT dan Pengalaman Spiritual
Anand Krishna Jelaskan Makna Tersembunyi Dari Asta Brata
Anand Krishna Center Singaraja di Resmikan
Pandangan Anand Krishna Terkait dengan Awarness (Kesadaran)
Kiat Total Success Ala Anand Krishna
Anand Krishna Ungkap Makna Tersembunyi Dalam Mahabharata
Buku Yoga Terbaik Buah Karya Anand Krishna
Buku Panduan Kehidupan Ala Anand Krishna
Bersama Anand Krishna Memahami Budaya
Anand Krishna Mengungkap Rahasia Karma
Anand Krishna Ungkap Rahasia Saraswati
Anand Krishna Bagi Tips Menghadapi Kematian Tanpa Rasa Cemas
Anand Krishna Sampaikan Pesan Kearifan Lokal Nusantara dari Danau Toba
Anand Krishna Kupas Bhagavad Gita Online
Anand Krishna Membagikan Mutiara Spiritual
Anand Krishna Mengungkap Cara Membaca Mimpi & Cara Mengatasi Pikiran Negatif
Anand Krishna Mengungkap Rahasia Candi Sukuh
Anand Krishna Mengungkap Rahasia Hantu dan Roh-Roh Bergentayangan
Anand Krishna Ungkap Rahasia Dewa/Dewi Dan Alien
Pandangan Anand Krishna Tentang Amarah